Profil

Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kab. Asahan dibentuk dengan Peraturan Daerah Nomor 7 Tahun 2016 tentang Perangkat Daerah Kabupaten Asahan. Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Asahan merupakan unsur staf Pemerintah Daerah yang dipimpin oleh seorang Kepala Dinas yang berada di bawah dan bertanggung jawab kepada Bupati. Berdasarkan Uraian Tugas Jabatan Struktural pada Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Asahan, bahwa Tugas Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Asahan adalah  membantu  Kepala   Daerah   melalui  Sekretaris  Daerah. Untuk melaksanakan tugas pokok tersebut diatas, fungsi dari Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Asahan ini dalam merumuskan kebijaksanaan yang akan ditetapkan dalam Bidang Pemberdayaan Masyarakat dan Desa yang berkaitan dengan bidang Pemerintahan Desa, Bidang Pemberdayaan dan Kelembagaan Masyarakat dan Bidang Ekonomi Masyarakat dan Teknologi tepat Guna.

Selanjutnya untuk melaksanakan tugas pokok tersebut diatas, fungsi dari Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Asahan ini mencakup, yaitu :

  1. Perumusan kebijakan Teknis di Bidang Pemberdayaan Masyarakat dan Desa.
  2. Menyusun rencana kegiatan berdasarkan kebijakan di Bidang Pemberdayaan Masyarakat dan Desa.
  3. Merumuskan sasaran yang hendak dicapai berdasarkan skala prioritas dan dana yang tersedia sebagai dasar dalam pelaksanaan tugas.
  4. Pembinaan penyelenggaraan Pemberdayaan Masyarakat dan Desa.
  5. Memonitor serta mengevaluasi hasil pelaksanaan tugas bawahan agar sasaran yang dapat dicapai sesuai dengan program kerja dan ketentuan yang berlaku.
  6. Mengawasi pelaksanaan tugas Kesekretariatan, Bidang Pemerintahan Desa, Bidang Pemberdayaan dan Kelembagaan Masyarakat dan Bidang Ekonomi dan Teknologi Tepat Guna.
  7. Menyampaikan saran dan pertimbangan kepada Bupati tentang langkah-langkah yang perlu diambil dalam bidang tugas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa.
  8. Melaporkan hasil pelaksanaan tugas kepada Bupati melalui Sekeretaris Daerah.
  9. Melaksanakan tugas kedinasan lain yang diberikan oleh atasan.

Pada prinsipnya dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Asahan merupakan unsur staf Pemerintah Daerah yang dipimpin oleh seorang Kepala Dinas yang berada di bawah dan bertanggung jawab kepada Bupati. Selanjutnya diharapkan Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Asahan ini menjadi sebuah Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang sesuai dengan visi dan misi Pemerintah Kabupaten Asahan “Terwujudnya Asahan yang Religius, Sehat, Cerdas, dan Mandiri” dalam menghadapi tantangan zaman, terutama penyelenggaraan pemerintahan dalam rangka pelayanan kepada masyarakat.

Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Asahan telah membuat beberapa kebijakan, kegiatan, program serta rencana strategis yang disusun sesuai dengan kebutuhan untuk masyarakat di bidang Pemberdayaan Masyarakat dalam rangka pengembangan dan penerapan e-Government sebagai bagian dari Kebijakan dan Strategi Nasional Pemerintah guna mewujudkan kepemerintahan yang baik (good governance). Kini Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Asahan siap melangkah bersama dengan semangat baru yang diwarnai dengan inovasi, integritas, optimisme serta komitmen untuk memberikan yang terbaik bagi Pemerintah dan masyarakat Kabupaten Asahan guna membangun daerah yang kita cintai ini agar lebih baik dan berkembang sebagaimana harapan kita bersama.