Sejarah Singkat

Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kab. Asahan dibentuk dengan Peraturan Daerah Nomor 7 Tahun 2016 tentang Perangkat Daerah Kabupaten Asahan. Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kab. Asahan merupakan unsur staf Pemerintah Daerah yang dipimpin oleh seorang Kepala Dinas yang berada di bawah dan bertanggung jawab kepada Bupati.

Berdasarkan Uraian Tugas Jabatan Struktural pada Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kab. Asahan, bahwa Tugas Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kab. Asahan adalah  membantu  Kepala   Daerah   melalui  Sekretaris  Daerah.

Untuk melaksanakan tugas pokok tersebut diatas, fungsi dari Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kab. Asahan ini dalam merumuskan kebijaksanaan yang akan ditetapkan dalam Bidang Pemberdayaan Masyarakat dan Desa yang berkaitan dengan bidang Pemerintahan Desa, Bidang Pemberdayaan dan Kelembagaan Masyarakat dan Bidang Ekonomi Masyarakat dan Teknologi tepat Guna.

Untuk melaksanakan tugas pokok tersebut diatas, fungsi dari Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kab. Asahan ini mencakup, yaitu :